Employee engagement: sebuah tradisi hadiah ulang tahun karyawan

Pagi itu ketika bertepatan dengan ulang tahunku, seperti biasa saya ke kantor kemudian langsung menuju meja kerja, tidak dapat dibohongi rasa bahagia dan bangga nampak di atasnya sebuah buku agenda warna hitam terbuat dari bahan daur ulang salah satu brand produk kami dengan sebuah kartu ucapan bertuliskan “ Dear rochman, Our BIG success comes from people with a BIG heart dan BIG dream,people like you, from all of us at PT. Unilever Indonesia Tbk”. Sedetik kemudian teman-teman dari berbagai area dan sudut di ruangan kami semburat mendatangi saya sambil saling bergantian menyalami dan mengucapkan selamat ulang tahun dengan berbagai versi ucapan ataupun malah kebanyakan todongan traktiran he2x.

IMG-20130911-00463

Program ini adalah rutin dalam perusahaan kami jika ada yang ulang tahun bahkan tahun sebelumnya disertai salah satu jenis pohon/tanaman untuk kami tanam disekitar lingkungan kami. Hal itu sekilas sederhana namun belum tentu ada di perusahaan lain serta sangat berdampak besar pada iklim positif perusahaan. Seperti halnya 3 kata “BIG” dalam rangkaian kartu ucapan itu : Big heart, Big dream & Big success. Kalau saya coba interpretasikan di mulai dari Big Dream, setiap orang pasti mempunya mimpi mimpi besar dalam hidup baik dalam pribadi, karir dan keluarga tak terkecuali kita karyawan sebuah perusahaan. Adalah hal penting bagi management sebuah perusahaan untuk mewadahi dan mensinergikan mimpi mimpi besar karyawannya guna memcapai mimpi bersama perusahaan.

Dalam konteks inilah perusahaan dituntut menciptakan program-program guna membentuk budaya keterikatan dan komitmen emosional terhadap organasisi serta tujuan yang hendak dicapainya  atau  yang istilah kerennya “employee engagement”. Ketika seorang karyawan sudah engage dengan perusahaanya maka dia akan bekerja dengan hati “BIG Heart” untuk mewujudkan mimpi-mimpinya yang sinergi dengan mimpi perusahaan lewat produktivitas kerja yang positif. Dan ketika semua itu terjadi dengan cengkraman culture “engagement” yang kuat maka “Big Dream” mimpi –mimpi besar karyawan dan perusahaan akan tercapai. Dan hari itu, tradisi ucapan dan hadiah ulang tahun yang sederhana menjadi sebuah inspirasi dalam menciptakan employee engagement, terima kasih semuanya.

You may also like...

5 Responses

  1. Josef Bataona says:

    Moment seperti ini, kalau diperhatikan secara jeli, bisa menjadi moment untuk menyentuh karyawan, walau dengan cara sederhana, namun nilai perhatiannya akan slit dilupakan oleh yang bersangkutan. Contoh Lang Tahun Rohman adalah contoh nyata. selamat Ulang Tahun. Saya sendiri suka dengan kejutan2 kecil seperri ini

  2. muhammad subai says:

    Great…

  3. zkmadina says:

    gw telat komen sih ini Mas 😛
    But I truly felt the same way last year when i received the package on my birthday.. those simple sentences warmed my heart and made me feel appreciated… like they say around here, small thing big impact 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *