3 Jenis investasi untuk sukses, sudahkah anda melakukannya?

“ Kebaikan satu-satunya investasi yang tidak akan pernah gagal”

Investasi untuk sukses

Investasi dalam hidup tidak hanya property, deposito, reksadana ataupun yang berkaitan dengan materi/harta lainnya. Jika kita ingin menjadi seseorang pribadi yang sukses dalam profesional di bidang apapun yang kita geluti saat ini, ada 3 jenis investasi yang harus dimiliki:

  1. Keterampilan (Skill) & Pengetahuan (Knowledge)

Ketrampilan dan pengetahuan adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan, keduanya adalah modal utama untuk kita sukses apapun profesi kita. Seperti halnya istilah “belajar sepanjang masa” maka belajar, menambah dan meningkatkan skill serta knowledge kita juga tidak pernah mengenal usia, waktu, tempat atau dengan siapa. Kita bisa berinvestasi skill dan pengetahuan secara sederhana dari pengalaman orang lain, dari pengalaman kita sendiri atau dari sebuah forum formal seperti training, workshop yang mungkin ada biaya yang harus kita keluarkan tapi yakinlah suatu saat kita akan memetik hasilnya.

  1. Jaringan (Networking)

Networking seperti pelumas atau akselerator dari skill dan knowledge yang sudah kita miliki untuk mencapai mimpi-mimpi besar kita. Salah satu karakteristik paling umum dari orang-orang yang berhasil adalah mereka secara terus menerus mengembangkan networking dengan berbagai macam orang dari berbagai kalangan. Networking memungkinkan kita untuk berkembang dan memperbaiki setiap bagian kehidupan. Orang-orang yang kita kenal, dan yang mengenal kita memiliki pengaruh yang paling besar dalam menentukan pencapaian kesuksesan, kebahagiaan, dan tingkat keberhasilan dalam hidup, jika dibandingkan dengan faktor-faktor yang lain. Sisi lain networking juga akan berguna dalam pencapaian kita seperti dalam hal bisnis, peluang kerja, promosi, karir, sosial, informasi, referensi, transaksi, support, partnership dan berbagai hal lainnya.

  1. Berbagi (Sharing)

Investasi yang terakhir ini adalah bentuk nyata kontribusi kita terhadap sesama atau sarana melipatgandakan skill & knowledge serta memperkokoh networking. Alangkah merugi seseorang yang mempunyai knowledge dan skill yang hebat serta networking yang luas namun tidak berusaha untuk berbagi. Dengan sharing, baik lewat tulisan, suasana formal/non formal dari apapun yang kita miliki walaupun itu sedikit akan tetap bermanfaat bagi orang lain. Sharing yang bermanfaat inilah yang akan menjadi amal yang tidak habis-habisnya yang pahalanya terus mengalir sampai akhir nanti. Seperti sebuah kutipan mutiara hikmah “ Alam dan seluruh isinya diciptakan untuk memberi manfaat seperti lebah memproduksi madu yang jumlahnya jauh melebihi yang ia butuhkan, susu pada hewan-hewan ternak tak terkecuali kita”.

Sekarang pertanyaannya, seberapa banyak dari 3 jenis investasi tersebut kita punyai? Semoga saya bisa memulainya dari diri saya pribadi.Selamat berinvestasi!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *