3 Teknik evaluasi diri, sangat sederhana dan sangat mudah dilakukan

“Good leader always do self assessment periodically….this will bring the values of being humble and always want to learn”

 teknik sederhana evaluasi diri

Mengevaluasi diri (Self-Assessment) mutlak diperlukan kita semua untuk sukses dalam kehidupan profesional di dunia kerja atau pun dalam kehidupan pribadi. Segala target yang kita harapkan tentunya tidak bisa instant bisa kita capai, sehingga dengan evaluasi diri merupakan strategi jangka panjang untuk mendorong adanya suatu perbaikan yang kumulatif dalam mencapai nya. Evaluasi diri secara sederhana merupakan suatu proses mandiri, objektif, transparan dan berkelanjutan dalam rangka memperoleh pengalaman pembelajaran yang positif. Aspek yang umum kita evaluasi diantaranya nilai (value), kemampuan (skills), pengetahuan (knowledge) dan pencapaian (achievement).

Banyak buku yang membahas tentang teknik evaluasi diri namun ilmu pengetahuan mengajari kita untuk memulainya secara sederhana cukup dengan menggunakan 3 simbol matematika berikut:

  1. Sama dengan ( =)

Mengidentifikasi apa-apa saja aspek dalam diri saat ini yang sama seperti hari/bulan/tahun kemarin.Dengan teknik ini kita akan berpikir improvement apa yang harus kita lakukan agar aspek yang statis bisa menjadi lebih baik lagi. Sering kali dalam hal ini kita terjebak dalam zona nyaman sehingga sesuatu yang menurut kita sesuai dengan standar tidak pernah ter pikirkan untuk bisa menjadi lebih dahsyat jika dilakukan improvement. Misalnya : Jika bekerja dalam bidang pelayanan dengan standar pelayanannya bisanya 2 hari kerja sudah tercapai secara terus menerus, kita bisa melakukan improvement untuk bisa diselesaikan dalam 1 hari kerja dengan merubah proses kerjanya yang dirasa tidak efektif.

  1. Tambah (+)

Mengidentifikasi apa-apa saja aspek dalam diri saat ini yang lebih baik dari hari/bulan/tahun kemarin. Sesuatu yang sudah positif tentunya harus kita pertahankan dan seperti kata pepatah mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya.

  1. Kurang ( – )

Mengindentifikasi apa-apa saja aspek dalam diri saat ini yang lebih kurang dari hari/bulan/tahun kemarin. Dengan ini kita akan mendapatkan gambaran hal-hal apa saja yang kurang dalam diri kita untuk kita tingkatkan dan dengan bagaimana kita meningkatkannya. Misalnya: Jika kita ingin menjadi public speaking tetapi kemampuan komunikasi kita masih kurang maka kita akan meningkatkannya dengan mengikuti training public speaking.

Semoga teknik evaluasi diri diatas bisa kita gunakan sebagai  proses mematangkan pembelajaran dari setiap perbaikan diri sehingga kita semua menjadi pribadi yang selalu lebih baik dari waktu demi waktu. Amin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *