Sesi Coaching Dengan Direktur, ini kunci sukses para Direktur

Picture by: https://img3.stockfresh.com

“Love challenge, be intrigued by mistakes, enjoy effort and keep on learning”

Quote dari carol dweck tentang growth mindset ini saya pilih dikarenakan sangat cocok dengan tips sukses dari salah satu direktur perusahaan kami yang saya dapatkan dalam sesi coaching and counseling beberapa minggu sebelumnya.  Program ini adalah sebuah bentuk komitmen Top Management untuk menularkan motivasi, leadership dan wisdom kepada calon leader perusahaan agar semakin siap untuk memimpin di fungsinya masing –masing dan sekaligus sebagai program engagement. Ini juga merupakan Individual Development Program (IDP) dengan penerapan model pembelajaran dan pengembangan melalui metode 20% yang dikenal dengan model 70%-20%-10%.

Mendapatkan kesempatan langka ini tentunya tidak saya sia siakan dan saya bagikan juga dalam blog agar dapat melahirkan pemimpin pemimpin yang lebih baik dan sukses secara Pribadi dan Organisasi kedepannya.  3 Tips tersebut adalah:

  1. Auto switch Specialist ke Generalis

Terkadang kita terjebak dengan posisi saat ini dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang linear, padahal seorang pemimpin yang sukses dengan tanggung jawab yang besar dan luas harus mempunyai skill macro manage dimana dia harus mampu membuat keputusan yang diluar dari pengalaman atau spesialisasinya.

  1. Berpikir dan Bertindak satu step diatas

Tidak harus menunggu promosi, naik gaji atau hitung-hitungan dengan mengeluh jika diberikan tanggung jawab lebih oleh atasan. Walaupun kondisi ini dianggap tidak ideal oleh beberapa orang yang mempunyai karakter fix mindset, dengan diberikan peluang untuk berpikir dan bertindak lebih dari tanggung jawabnya melatih seseorang untuk menjadi posisi diatasnya yang secara otomotis akan meningkatkan pengetahuan, skill dan leadershipnya. Selain itu kebiasaan ini tentunya akan menjadi catatan oleh atasan apabila di suatu saat  nanti ada kesempatan promosi maka tentunya mereka yang sudah terpapar oleh pekerjaan di posisi tersebut yang dinilai lebih siap. Ini bisa terjadi jika atasan berkomitmen memberikan kesempatan sub ordinatnya untuk maju dan berkembang dan mempunyai prinsip jika teamnya lebih baik dari dia maka itulah kesuksesannya sebagai seorang pimpinan.

  1. Berpikir positif

Menjadi ajaran semua agama dan juga tokoh-tokoh ternama terdahulu, bagaimana kita harus yakin bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Bahkan dalam ilmu fisika melalui hukum kekekalan energy pada termodinamika juga memberikan petunjuk bahwa “Jumlah panas yang ditambahkan dan usaha yang dilakukan pada sistem yang sama dengan perubahan energi internal system”.  Terkadang kita hanya melihat hasil tersebut dari sudut pandang fisik seperti financial, jabatan tidak melihat dari yang non fisik seperti kesempatan itu sendiri, pengetahuan, wisdom, kedewasaan yang menjadi kita siap menyambut peluang yang lebih besar di masa datang.(RH28112018)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.