Apa itu personal branding? Menjadikan diri berbeda dengan mengimplementasikannya

“It’s what makes you unique, it’s what make you successfull”

Sekelumit motivasi dari William Arruda bapak personal branding yang merupakan guru dari trainer personal branding mbak Julie yang trainingnya saya ikuti di akhir tahun kemarin.

personal branding adalah

Mengikuti personal branding training sangat bermanfaat baik untuk karir profesional ataupun non profesional, secara umum dalam personal branding kita mempelajarai 4 hal:

  1. Bagaimana kita mengidentifikasi tentang nilai-nilai (value) yang ada dalam diri. Nilai yang merupakan apa yang kita yakini, tentang prinsip hidup, apa yang menjadi acuan prilaku, apa yang dapat membuat bahagia, tentang kekuatan dan kelemahan dan passion (minat) kita.
  2. Bagaimana kita perlu mengidentifikasi persepsi orang tentang kita secara keseluruhan. Persepsi dapat berupa kritikan, saran ataupun pandangan orang lain tentang kita. Dengan persepsi kita bisa mengetahui cara berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana meminimalisir salah paham dan yang paling penting sarana evaluasi dan perbaikan diri untuk hasil yang positif.
  3.  Bagaimana posisi brand kita saat ini? Bagaimana kesan pertama yang ditangkap orang lain saat nama kita sebut? Apakah kita berbeda dengan orang lain dan apakah perbedaan tersebut membuat nilai tambah yang positif pada orang lain dan lingkungan sekitar?
  4. Bagaimana wujud komitment kita terhadap nilai-nilai (value) yang kita anut, minat (passion), prinsip hidup, tujuan hidup jangka pendek dan jangka panjang. Apakah komunikasi yang kita lakukan tentang personal brand kita sudah sesuai, apakah media komunikasi kita juga sudah tepat, apakah target objek komunikasi brand kita sudah sesuai dan apakah kita sudah memelihara lingkungan brand kita (profesi, teman atau relasi, dan identitas visual lainnya) secara konsisten.

Dan terakhit setelah kita sudah melakukan 4 hal diatas ditutup dengan membuat personal brand statement yang berupa pernyataan tentang siapa diri kita dan apa yang akan kita lakukan. Dengan personal brand statement yang kita buat berarti kita sudah berjanji kepada diri kita sendiri, keluarga, orang lain dan terlebih tuhan yang maha kuasa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *