Kenapa harus ikut komunitas?

Kenapa harus ikut komunitas?

Buang-buang waktu, group WAnya memenuhi memori handphone, menyita waktu atau keluar materi untuk mengikuti aktivitasnya. Pertanyaan yang mungkin terlintas mengenai kenapa harus ikut sebuah komunitas. Perkembangan jaman saat ini dapat kita temui banyaknya komunitas dari segala segmen kehidupan masyarakat modern, tak terkecuali dalam dunia professional HR. Beberapa komunitas HR mewarnai seperti SDM List, One HR, HR Next Gen, KPHRI, C&B Network, HRM Club, HRCI, HRBP Indonesia, Rumah MSDM, Future HR (FTHR), PMSM ataupun yang lainnya.  Sebelum lebih jauh kita bisa melihat kembali arti dari sebuah komunitas merupakan struktur interaksi social yang terdiri dari berbagai dimensi fungsional yang ditandai dengan hubungan timbal balik dan saling menguntungkan (soenarno: 2002).

Kenapa harus ikut komunitas

Picture by: https://www.shutterstock.com

Sebagai seorang professional ataupun yang punya passion di HR, beberapa alasan kenapa harus ikut komunitas diantaranya :

  1. Menambah jaringan

Dengan ikut komunitas kita akan mengenal HR di perusahaan lain dari bergabagi level dan bahkan tidak menutup kemungkinan tidak hanya dari kalangan professional tetapi juga dari kalangan akademik ataupun pemerintahan yang terkait dengan HR.

  1. Menambah wawasan baru sebagai bagian learning & Growth

Untuk kota besar seperti Jakarta dengan segudang komunitas ataupun event sharing session sudah menjadi runtinitas selain dari event pelatihan berbayar lainnya dalam rangka menambah wawasan baru. Namun bagi kita dengan lokasi kerja di luar jakarta yang akses untuk mengikuti training, pelatihan atau event sharing session sangat minim seharusnya bisa memanfaatkan komunitas sebagai sarana menambah wawasan baru ke HRan sebagai bagian dari learning & growth dengan biaya yang jauh lebih murah.

  1. Sumber Informasi

Tak jarang komunitas membantu kita dalam mendapatkan informasi seperti melakukan check refrence calon karyawan baru, melakukan survey sederhana  terkait benefit di perusahaan lain secara mudah, update informasi jika ada peraturan baru terkait ketenagakerjaan, informasi tentang biro psikologi atau vendor outsourcing rekomended di suatu daerah atau info keHRan lainnya. Bahkan dalam urusan personal misalkan kita datang ke daerah baru dengan info dari komunitas kita bisa mendapatkan informasi tentang kuliner, wisata dan rekomendasi lainnya.

  1. Investasi masa depan

Seperti halnya investasi financial, asset atau property dengan mengikuti komunitas kita juga akan memperoleh manfaat untuk masa depan. Sebagai contoh banyak beberapa anggota komunitas yang memang secara profil bagus mendapatkan kesempatan secara karir dan pekerjaan yang lebih baik ataupun dapat membantu orang lain untuk mendapatkan kesempatan yang sesuai dengan espektasinya.

5. Memberikan dampak sosial

Selain manfaat ke arah pribadi, dengan ikut komunitas bisa dikatakan kita juga berperan dalam memberikan dampak sosial ke area sekitar kita. Misalnya secara nyata komunitas profesional seperti HR berafiliasi dengan institusi sosial, pendidikan mengadakan acara komunitas peduli berupa penggalangan dana ataupun kelas untuk mahasiswa. Namun sebenarnya dengan aktifitas untuk anggota komunitaspun bisa dikatakan sudah memberikan dampak sosial untuk peningkatan kualitas anggotanya dalam hal ini HR di area komunitas tersebut.

6. Menjawab tantangan indutri 4.0 bagi Generasi Millenial

Tantangan industry 4.0 yang dinamis membutuhkan Pribadi yang agile dan ditambah dengan populasi generasi millenial yang tidak bisa di bendung dengan karakter yang ingin memberikan dampak social, keinginan bersosialisasi, ingin mendapatkan mentor, keinginan belajar lebih dan juga ingin mendapatkan exposure di level yang lebih tinggi dan tidak bisa lepas dari media social/teknologi maka komunitas bisa menjadi solusinya sebagai bagianEmployee Engagement ke mereka.

So….Pilihan ada di kita dan bagaimana kita bisa berperan sesuai kapasitas dan kemampuan dalam komunitas yang kita pilih dan yang paling penting niat mengosongkan gelas kita.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.