Bagaimana menjadi seorang Leader yang humble?

Mengutip dari acara sharing session dengan HR Director kami Pak julius aslan tentang leadership, beliau menyampaikan bahwa seorang leader haruslah mempunyai karakteristik “ HUMBLE” . Saya coba mengutip kembali yang beliau sampaikan dan merangkai dengan penambahan redaksional sebagai berikut:

Menjadi seorang pemimpin

Picture: http://www.rgbstock.com/images/leader

H : Humble

Seorang leader haruslah humble = rendah hati, dia bisa masuk ke semua line dan lapisan strata/level dalam sebuah organisasi. Sekalipun seorang memiliki visi yang kuat, kemampuan memotivasi yang tinggi serta integritas yang tidak diragukan, bila ia arogan dan berlebih lagi tidak mau mendengarkan para pengikutnya, maka lambat laun para pengikutnya akan merasa frustasi karena merasa hanya diperlakukan sebagai obyek yang hanya memuaskan keinginan sang pemimpin tanpa diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya. Seperti halnya pepatah jadilah seperti padi semakan tinggi semakin merunduk, demikian pula semakin tinggi jabatan kita semakin kita humble kepada sesama.

U: Un Populer

Ketenaran dan populeritas terkadang menjadi tujuan utama dibanding tujuan atau tindakan yang selayaknya dilakukan oleh seorang leader. Hal ini sering membuat seorang leader membuat pengecualian –pengecualian dikarena takut tidak populer. Padahal merupakan sebuah konsekuensi bagi seorang leader apabila memang kebijakan yang akan diambil sesuai dengan prosedur dan tujuan organsasi maka dia harus siap tidak populer dan inilah sebenarnya kemampuan komunikasi dan management perubahan seorang leader di uji.

M: Manage by Macro

Seorang leader harus melihat secara macro atau yang biasa kita kenal sebagai kemampuan ‘Helicopter View’. Artinya seorang pemimpin harus menaikkan pandangan untuk melihat banyak sudut pandang (komprehensif) setiap masalah di organisasinya. Melihat lebih banyak keinginan-keinginan  orang lain yang tersirat maupun yang tersurat. Sehingga kebijakan atau keputusan yang diambil dapat diterima banyak pihak.

B: Be Your Self but Better Everyday

Saya mengutip dari motto seorang HR Director yang menginspirasi saya yaitu Pak Joseph Bataona (http://www.portalhr.com/blog/josefbataona/) bahwa pribadi seorang leader harus menjadi diri sendiri dan selalu melakukan yang terbaik untuk hari ini demi menyongsong hari esok yang jauh lebih baik.

L: Lead by  Example

Seorang leader harus menjadi contoh yang baik dari teamnya dan menurut saya ini yang saat ini sulit kita ketemukan. Lahirnya seorang leader yang inspiratif adalah mereka yang bisa memberikan contoh yang baik kepada teamnya dari aspek manapun yang terintegrasi dalam profil kepribadiannya.

E: Ethics

Moral dan etika adalah pondasi dalam kepemimpinan, seperti halnya dalam buku kubik leadership yang saya baca bahwa moral seperti akar tanaman yang membawa nutrisi dan unsur hara yang akan tercermin dalam action dan hasil yang dituai.

Semoga kita menjadi leader yang humble dalam semua aspek kehidupan dimanapun kita berkarya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *